Senin, 19 Desember 2011

PEMALANGKU


Jangan salah sebut dengan MALANG, sebuah kota cukup maju di Jawa Timur, Pemalang lain dengan Malang. Pemalang......ya Pemalang, titik !! Kota lintasan yang terletak di jalur pantai utara antara Pekalongan dan Tegal, perkembangan dan pertumbuhannya boleh dibilang mandeg. Kota ini selalu menjadi bayang-bayang kemajuan tetangga sebelahnya, Pekalongan dan Tegal, yang sudah duluan melesat cepat meninggalkan Pemalang.
v
Suasana seputar alun-alun kota Pemalang

Ada beberapa hal yang bisa kita lihat dan rasakan, betapa Pemalang memang membutuhkan perhatian khusus dari kita semua pecinta KOTA PEMALANG, termasuk diantaranya adalah masukan-masukan pun kritikan-kritikan.
Beberapa masukan akan dibahas pada bagian ini diantaranya adalah tentang: pariwisata, pendidikan, kesempatan kerja dan pertumbuhan ekonomi kota Pemalang. Kenapa pariwisata yang ditempatkan pada bagian awal, karena pariwisata merupakan parameter jelas, bisa dilihat dan dirasakan dari luar, disamping itu pariwisata juga berkorelasi dengan tingkat kesejahteraan penduduknya.

PARIWISATA
Jumlah dan kualitas tempat pariwisata di suatu daerah merupakan cermin dari tingkat kesejahteraan penduduk daerah tersebut, sekaligus juga merefleksikan penghargaan pemerintah setempat terhadap kebutuhan pendududknya. Semakin banyak dan semakin bagus tempat pariwisata dikelola secara profesional, menandakan bahwa daerah tersebut banyak dihuni oleh warga yang bertaraf menengah ke atas. Di saat yang sama juga memberi gambaran betapa pemerintahannya punya perhatian yang cukup terhadap kebutuhan warganya.
Bagaimana dengan pariwisata di Pemalang dibanding tetangga dekatnya, kita ambil contoh Tegal...?  Taman Widuri cukup jauh berbeda jika dibandingkan dengan Pantai Purwahamba Indah di Tegal, demikian halnya dengan Pemandian Moga juga tidak ada apa-apanya dibanding dengan Taman Wisata Air Panas Guci di Tegal. Dua pasangan obyek pariwisata ini letaknya saling berdekatan dan bersaing satu dengan lainnya, namun terlihat jelas perbedaan menyolok didalam pengelolaannya, obyek wisata di Pemalang cukup memprihatinkan, terlihat kurang serius dalam pengelolaannya. Padahal kalau mau ditangani secara serius, potensi besarnya akan tergali dan bisa jadi andalan di dalam pemasukan pendapatan daerah.
Gambar sebelah kiri adalah Pemandian Moga yang diambil pada Agustus 2002.Nyaris sama dengan 20 tahun yang lalu, tidak ada perubahan berarti.
Taman Wisata Air Panas Guci, 20 tahun yang lalu tidak ada apa-apanya, namun sekarang, pada hari yang sama, gegap gempita terdengar di segala penjuru sudutnya
Taman Wisata Air Panas Guci - Hollywood-nya Jawa Tengah

setstats 1
1

1 komentar: