Minggu, 18 Desember 2011

batik pemalang

Batik
Pemalang sebenarnya juga memiliki sejarah batik. Namunya, namanya tenggelam di tengah dominasi batik pekalongan, yang nyaris merajai bisnis batik di kawasan pantai utara Jawa Tengah. Kedekatan geografis Pemalang dengan Pekalongan tidak menjadikan Pemalang tumbuh sebagai daerah batik.

Meski demikian, geliat batik di Pemalang tetap ada. Dulu batik yang berkembang di daerah ini adalah tulis, yang mensyaratkan keterampilan tinggi bagi pengrajinnya, dengan jumlah produksi terbatas. Motif khas batik pemalang antara lain parang curiga, kepedak, gemek setekem, dan sawat rante. Basis produksinya berada di Petarukan dan Comal, dua kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan.

Belakangan ini Pemerintah Kabupaten Pemalang tengah mendorong produksi batik cap yang pasarnya lebih luas. Selain harganya lebih bersaing, produksi batik cap juga bisa digenjot lebih banyak ketimbang batik tulis. Harga batik tulis sekitar Rp200.000, sedangkan batik cap bisa dilepas dengan harga di bawah Rp100.000 per lembar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar