Kamis, 22 Desember 2011

DESA WALANGSANGA & SUFI BESAR MBAH NUR.



Walangsanga adalah desa di Kecamatan Moga,Kab.Pemalang Jawa Tengah.Berpenduduk sekitar 8.000 jiwa.Sebagian besar bekerja sebagai perantau di ibu kota,sisanya lagi bermata pencaharian sebagai petani dan pedagang.

Desa Walangsanga terkenal melalui seorang Waliyullah bernama 'Mbah Nur' yang tinggal di sebuah tempat terpencil yang bernama Blok Manggis.Beliau beruzlah bukan tanpa alasan,selahn karena zuhudnya yang tinggi terhadap duniawi,beliau juga seorang ulama yang shalih dan menjadi teladan di lingkungan sekitarnya.Saat ini makam beliau banyak yang berziarah,para pengunjung biasanya tidak hanya datang dari sekitar Moga,tetapi juga dari luar Pemalang.

Nama beliau kini diabadikan dalam sebuah sekolah yang bernama MTs. An-Nur Walangsanga yang didirikan awal tahun 2000 dan mulai beroperasi tahun 2002,dibawah naungan Yayasan Pendidikan Islan An-Nur yang didirikan oleh tokoh masyarakat setempat.Tujuan utama pendirian sekolah tersebut adalah untuk menyediakan sekolanh lanjutan pertama yang mudah dijangkau oleh masyarakat terutama anak-anak yang orangtuanya punya keterbatasan secara ekonomi.
Tokoh-tokoh pendirinya diantaranya :
1.Letkol(purn)TNI AD Talup Istiloka (alm)
2.Ky.Rois Amin (alm)
3.Ky.Syahroni (alm)
4.Ky.Muhammad Hasyim
5.Drs.H.Syamsudin
6.Ust.Nur Kholis R
7.Ust.Abdul Ghofur F
8.Hj.Roilah R
9.Dashori
10.serta tokoh-tokoh lainnya.
Saat ini MTs An-Nur dipimpin oleh Dra.Nur Azizah sejak tahun 2007 hingga sekarang dan didampingi oleh Budi Martono,ST.SPd,Heri Puryanto.SPd dan beberapa orang guru dan staf TU.


sumber:http://PortalPemalang.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar