Selasa, 29 November 2011

Soto dekem dan Sate ayam,Satu lagi Yang khas dari Pemalang


Selain Nasi grombyang,Lontong dekem merupakan makanan khas dari kota Pemalang.kalau penjual nasi Grombyang yang telah dikenal luas di Pemalang adalah H.Warso,sedangkan Lontong dekem anda bisa menemukannya di warung milik Darsono.
Dalam warung tenda tersebut,lontong dekem yang biasa disajikan dengan sate ayam ada 2 jenis, berkuah dan digoreng.
Menurut Aria yang sudah berjualan sejak tahun 1990 ini, Kuah untuk satenya mirip dengan kuah opor, tapi lebih encer. Sementara sate goreng yang terdiri dari hati ampela itu ditaburi serundeng. Biasanya begitu duduk, kita sudah disuguhkan 5 tusuk sate.Maksudnya, sambil menunggu lontong dekem pesanan anda, Anda bisa mencicipi sate ayam.
Sotonya sendiri cukup unik. Potongan lontong yang besar besar dengan diameter 10 cm. Potongan lontong ini lantas disiram kuah berulang- ulang sampai hangat sebelum akhirnya disiram banyak kuah, ditaburi kerupuk dan banyak bawang goreng.
Warung tenda ini biasa buka pukul 17.00 dan tutup pukul 23.00. Selama 6 jam berjualan, Darsono bisa menghabiskan 4 ekor ayam yang setara dengan 250 tusuk sate.Setiap tusuk sate oleh Darsono dijual dengan harga Rp 1.000.sementara semangkuk lontong dekem dihargai Rp 2 ribu.(eresep.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar