Jumat, 16 Desember 2011

Pemalang in The Picture

Pemalang in The Picture

Kabupaten Pemalang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah yang terletak di Jalur Pantai Utara (Pantura) Pulau Jawa. Dengan segala potensi yang dimilikinya, Kabupaten Pemalang dengan mottonya Pemalang IKHLAS (Indah, Komunikatif, Hijau, Lancar, Aman dan Sehat) terus tumbuh dan berkembang membangun dalam berbagai bidang. Berikut 21 foto pilihan yang mungkin bisa menggambarkan sedikit mengenai kondisi Kabupaten Pemalang dan sebagai kado kecil bagi tanah kelahiranku yang pada hari ini (24/1) tepat berusia 435 tahun.

Kantor Bupati Pemalang terletak di Jalan Surohadikusumo No.1 Kabupaten Pemalang. Saat ini Kabupaten Pemalang dipimpin oleh H.M. Machroes, SH sebagai bupati dan H. Junaedi, SH, MM sebagai wakil bupati yang dalam menjalankan roda pemerintahan Kabupaten Pemalang dibantu oleh H. Sumadi Sugondo, SE, MM, M.Si sebagai sekretaris daerah (Sekda).

Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang yang merupakan kantor para wakil rakyat Kabupaten Pemalang untuk menyalurkan segala aspirasi masyarakat Kabupaten Pemalang terletak di Jalan Surohadikusumo No.3 Kabupaten Pemalang. DPRD Kabupaten Pemalang periode 2009-2014 saat ini diketuai oleh Waluyo AT dengan wakil ketua H.M. Rois Faisal MS, S.PdI, M.Si, H. Noor Rosyadi, SE, MM dan Muntoha, SH, M.Hum.

Alun-alun Kabupaten Pemalang terletak di pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang. Alun-alun merupakan salah satu ruang publik bagi masyarakat Kabupaten Pemalang untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, kerabat maupun teman dekat. Dengan adanya pohon-pohon yang cukup rindang membuat suasana di alun-alun Kabupaten Pemalang menjadi cukup adem dan nyaman. Alun-alun Kabupaten Pemalang biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada saat akhir pekan.

Gapura dengan ukuran yang tidak terlalu besar dan dengan bentuk yang cukup khas ini merupakan pintu masuk menuju Komplek Kantor Bupati Pemalang. Gapura ini terletak tepat di sisi selatan alun-alun Kabupaten Pemalang.

Masjid Agung Pemalang merupakan masjid kebanggaan dan sebagai tempat untuk melaksanakan ibadah bagi masyarakat Kabupaten Pemalang yang terletak tepat di sisi barat alun-alun Kabupaten Pemalang. Selain bangunannya yang cukup luas, Masjid Agung Pemalang juga memiliki arsitekur yang cukup menarik.

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. M. Ashari merupakan RSUD milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pemalang yang terletak di Jalan Gatot Subroto No.41 Kabupaten Pemalang. RSUD dr. M. Ashari yang diresmikan pada 10 September 1988 memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai untuk melayani masyarakat Kabupaten Pemalang dan sekitarnya dalam bidang kesehatan.

Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pemalang terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani Selatan No.59 Kabupaten Pemalang. Saat ini KPU Kabupaten Pemalang diketui oleh M. Arif Effendy, S. Sos. KPU Kabupaten Pemalang di penghujung tahun 2010 ini akan menggelar hajatan besar yakni Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Pemalang.

Gedung Olah Raga (GOR) Kridanggo Kabupaten Pemalang yang terletak tepat di sisi timur alun-alun Kabupaten Pemalang merupakan salah satu tempat yang sering digunakan untuk penyelenggaraan beragam kegiatan. Tak hanya digunakan untuk kegiatan olah raga saja -karena di dalam GOR Kridanggo terdapat lapangan bulutangkis dan lapangan basket, namun beragam pameran dan kegiatan lainnya juga sering digelar di GOR Kridanggo.

Gedung Serbaguna Kabupaten Pemalang yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Timur No.65 Kabupaten Pemalang merupakan gedung yang memiliki kapasitas daya tampung yang cukup besar. Sehingga Gedung Serbaguna sering dimanfaatkan untuk menggelar kegiatan yang melibatkan banyak orang seperti seminar ataupun acara pesta pernikahan.

Gapura dengan ukuran yang cukup besar dan dengan bentuk yang cukup khas ini merupakan pintu masuk menuju pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang dari arah timur. Gapura yang dilengkapi dengan tulisan Pemalang Ikhlas -motto Kabupaten Pemalang- dan lambang Kabupaten Pemalang ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan Kabupaten Pemalang.

Tugu Adipura Kabupaten Pemalang yang terletak di halaman Gedung Serbaguna Kabupaten Pemalang, Jalan Jenderal Sudirman Timur No.65 Kabupaten Pemalang ini menjadi penanda bahwa Kabupaten Pemalang pernah mendapatkan penghargaan Adipura. Adipura merupakan penghargaan yang diberikan kepada kabupaten/ kota dalam bidang kebersihan lingkungan.

Mall Dedy Jaya yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman No.64 Kabupaten Pemalang merupakan salah satu pusat perbelanjaan modern yang ada di Kabupaten Pemalang. Mall Dedy Jaya biasanya ramai dikunjungi masyarakat Kabupaten Pemalang dan sekitarnya pada saat akhir pekan dan hari-hari libu nasional.

Pasar Kota Pemalang dengan luas sekitar 3,48 hektare ini terletak di jalur utama pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang. Di tengah-tengah mulai maraknya pusat perbelanjaan modern di Kabupaten Pemalang, Pasar Kota Pemalang masih memiliki daya tarik sendiri dan masih diminati untuk berbelanja oleh masyarakat Kabupaten Pemalang.

Obyek Wisata Pantai Widuri merupakan salah satu obyek wisata andalan Kabupaten Pemalang yang terletak di Desa Widuri Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang atau sekitar 3 Kilometer arah utara dari pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang. Terlebih saat ini Obyek Wisata Pantai Widuri telah dilengkapi dengan beragam wahana baru dan fasilitas penunjang lainnya yang semakin memanjakan pengunjung saat menikmati kesejukan udara di Pantai Widuri.

Obyek Wisata Pantai Blendung yang terletak di Desa Blendung Kecamatan Ulujami Kabupaten Pemalang atau sekitar 26 Kilometer arah timur laut dari Ibu Kota Kabupaten Pemalang memiliki kondisi yang masih cukup alami dan berhawa sejuk. Pantai Blendung yang merupakan muara dari Sungai Pemalang biasanya ramai dikunjungi masyarakat saat sore hari untuk sekedar menikmati keindahan matahari terbenam (sunset) sambil bermain air dan pasir di tepian pantai.

Taman Rekreasi dan Kolam Renang Comal Baru merupakan tempat rekreasi yang terletak di Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Taman Rekreasi dan Kolam Renang Comal Baru biasanya ramai dikunjungi masyarakat pada saat akhir pekan dan juga pada saat libur perayaan Hari Raya Idul Fitri. Dengan banyaknya pohon-pohon yang rindang membuat suasana cukup adem dan nyaman untuk berlama-lama menghabiskan waktu di tempat rekreasi ini.

Terminal Induk Kota Pemalang terletak di Jalan Lingkar Utara Pelutan Kabupaten Pemalang. Terminal Induk Kota Pemalang merupakan terminal bagi bus-bus yang melintas di Jalur Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Pemalang.

Stasiun Kereta Api Kabupaten Pemalang yang terletak di pusat Ibu Kota Kabupaten Pemalang merupakan salah satu tempat pemberhentian kereta api yang melintas di Kabupaten Pemalang.

Jembatan Comal merupakan jembatan yang membentang di atas Sungai Comal di Jalan Raya Pantai Utara (Pantura) Ampelgading-Comal. Jembatan Comal yang dahulu hanya berjumlah satu saja, saat ini sudah menjadi dua buah jembatan yang megah dan kokoh seiring dengan dibuatnya dua jalur di Jalan Raya Pantura. Jembatan Comal pada masa silam -pada saat masih berjumlah satu jembatan- pernah patah menjadi dua karena terjangan banjir bandang.

Harian Pagi Radar Pemalang merupakan koran lokal yang terbit di Kabupaten Pemalang dan sekitarnya yang menyajikan berita-berita teraktual seputar permasalahan dan peristiwa yang terjadi di Kabupaten Pemalang dan sekitarnya. Harian Pagi Radar Pemalang yang mengusung motto Korane Wong Pemalang ini merupakan grup Jawa Pos.

Hamparan persawahan hijau yang ditanami padi ini terletak di Desa Ujunggede Kecamatan Ampelgading Kabupaten Pemalang. Pada saat cuaca cerah tepat dari tempat ini dapat dinikmati pemandangan Gunung Slamet yang merupakan gunung tertinggi di Provinsi Jawa Tengah dengan ketinggian 3.432 meter dari permukaan laut. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar