Kamis, 03 November 2011

Obyek Wisata pemalang

Berlakunya Undang-Undang No. 10 tahun 2009 tentang Kepariwisataan diharapkan dapat memacu perkembangan pariwisata di era otonomi daerah.  Pengembangan pariwisata memiliki dampak yang  strategis dan bersifat multiplier (multiplier effect). Pembangunan pariwisata  memiliki keterkaitan yang luas dengan pengembangan kegiatan usaha yang lain terutama jasa biro pelayanan wisata  hotel/ penginapan dan pondok wisata; makanan dan minuman dan kerajinan  serta cindera mata lainya.
Berdasarkan Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Jawa Tengah, wilayah Kabupaten Pemalang termasuk salah satu wilayah pengembangan  pariwisata di Jawa Tengah Bagian Barat. Potensi pariwisata Kabupaten Pemalang memiliki potensi wisata alam yang beragam, baik wilayah pantai di bagian Utara dan  wisata alam  pegunungan di bagian Selatan.  Jumlah obyek wisata  sebanyak 7 buah, sebagian besar berupa wisata alam. Dari ketujuh obyek wisata tersebut, obyek wisata yang paling banyak di kunjungi wisatawan domestik adalah Pantai Widuri.
Arah kebijakan pembangunan kepariwisataan menurut RPJMD Kabupaten Pemalang adalah pembangunan pariwisata agar mampu mendorong kegiatan perekonomian daerah, terkait dengan meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat  setempat di obyek-obyek pariwisata,  meningkatkan  perluasan lapangan pekerjaan. Pengembangan kepariwisataan memanfaatkan keragaman pesona keindahan alam (wisata alam, hutan wisata dan wisata bahari), peninggalan-peninggalan sejarah (wisata budaya dan even kegiatan wisata) dan potensi daerah lainya.
Kabupaten Pemalang memiliki obyek pariwisata yang beragam baik obyek wisata alam,   wisata bahari  maupun  pegunungan. Obyek wisata  budaya, wisata  religi dan makanan khas Pemalang  memiliki beragam variasi. Obyek wisata alam  antara lain sebagai berikut :
  1. Gunung Gajah (wisata alam)  di Kecamatan Randudongkal.
  2. Goa Gunung Wangi yang merupakan  gugusan  lima goa yang memiliki luas 0,5 Ha di di Kecamatan  Bantar Bolang.
  3. Curug Sibedil (wisata alam dan air terjun)  di Kecamatan Moga
  4. Curug Barong (wisata alam dan air terjun) terletak di Kecamatan Belik.
  5. Bukit Mendelem (wisata alam)    di Kecamatan Belik
  6. Telaga Rengganis (wisata alam dan telaga)  terletak di Kecamatan Watukumpul.
  7. Telaga Silating (wisata alam dan telaga)  di Kecamatan  Belik
  8. Pantai Joko Tingkir (wisata pantai dan  bahari)   di Kecamatan  Petarukan
  9. Pantai Blendung (wisata pantai dan  bahari) di Kecamatan Pemalang
  10. Pantai Widuri (wisata pantai dan  bahari) di Kecamatan Pemalang.
pariwisata-pPemalang
Pantai Widuri Pantai Djoko Tingkir Pantai Blendung Gunung Gajah Goa Gunung Wangi Curug Bengkawah Curug Barong Telaga Silating Telaga Rengganis Curug Sibedil Bumi Perkemahan Sikucing Bukit Mendelem Agrowisata Gombong Obyek Wisata Budaya,  Religi dan Cagar Budaya, antara lain sebagai berikut :
  1. Makam Pandanjati (Bantarbolang)
  2. Makam Syeh Syamsudin (Kecamatan Pemalang)
  3. Makam Pangeran Benowo (Kecamatan Taman)
  4. Makam Syeh Maulana Magribi (Kecamatan Ulujami)
  5. Makam Bupati Pemalang (Kecamatan Pemalang)
  6. Klenteng Tjeng Gie Bio (Kecamatan Ulujami)
  7. Situs Plawangan (Kecamatan Pemalang)
  8. Gedung Bekas Europeersche Lagere School (EHS) (Kecamatan Pemalang)
  9. Gedung MULO (Meer Uitegebried Lager Onderwijs) (Kecamatan Pemalang)
  10. Gedung Landraad (Kecamatan Pemalang)
Kegiatan dan atraksi budaya yang dapat menjadi kegiatan kepariwisataan,antara lain sebagai berikut :
  1. Gelar Prosesi Hari Jadi Kabupaten Pemalang yang dilaksanakan pada setiap tanggal 24 Januari  di  Mesjid Agung, Alun-Alun dan Pendopo Kabupaten Pemalang.
  2. Kesenian Jaran Kepang, kesenian rakyat dimainkan diseluruh wilayah Kabupaten Pemalang.
  3. Krangkeng, (kesenian rakyat yang menggabungkan antara pentas seni, olah raga dan tenaga supra natural)
  4. Sintren (kesenian rakyat).
Pemerintah Kabupaten Pemalang sedang melaksanakan peningkatan  prasarana dan sarana wisata, terutama pengembangan obyek wisata di Pantai Widuri dengan  pengembangan   Widuri Water Park, yang telah dikembangkan dengan delapan (8) obyek  meliputi :
  1. Wahana Kids Water Play Ground/Spray Ground;
  2. Wahana Water Slide;
  3. Wahana Boomerang;
  4. Wahana Kolam Arus;
  5. Wahana Dermaga;
  6. Wahana Food Court and Resto;
  7. Wahana ATV dan
  8. Wahana Ventura River.
Dengan demikian maka diharapkan Widuri Water Park menjadi ikon pariwisata di Kabupaten Pemalang di masa mendatang.
Pembangunan bidang pariwisata ke depan akan semakin penting dalam pengembangan perekonomian daerah, seiring dengan meningkatnya taraf sosial ekonomi masyarakat.  Pengembangan pariwisata memiliki multiplier effect yang besar bagi sektor-sektor perekonomian yang lain, Potensi pasar terbesar pariwisata di daerah adalah penduduk daerah itu sendiri dan  penduduk  kabupaten/kota sekitarnya. Oleh karena itu, perlu dibangkitkan minat berwisata  bagi kelompok-kelompok masyarakat sesuai dengan segmentasi kebutuhan masyarakat.  Kegiatan wisata pendidikan, seperti :  Studytour, Wisata Pendidikan bagi anak sekolah untuk meningkatkan kecakapan hidup (life skills), wisata bahari  dan wisata  pendidikan bagi kelompok usia muda semakin meningkat jumlahnya. Namun perlu dilakukan  upaya pemberdayaan masyarakat di kawasan obyek  wisata (terutama pemahanan terhadap potensi wisata,  loebakasi wisata dan  target pasar wisatawan yang potensial); pelayanan air bersih dan  layanan umum lainnya. Hal yang perlu  ditingkatkan adalah  pemberdayaan masyarakat terkait dengan  peningkatan kelompok-kelompok masyarakat sadar wisata, sebagaimana yang berkembang pada  masyarakat Kota Yogyakarta, Denpasar dan Kabupaten Bantul.
Fasilitas hotel dan penginapan sebagai pendukung pengembangan pariwisata di Kabupaten Pemalang. Banyaknya hotel da penginapan sebanyak 14 unit, masing-masing terdapat di Kacamatan Pemalang sebanyak 9 unit dan lainnya  di Kecamatan Moga sebanyak 3 unit dan Ulujami  1 unit.  Hotel dan penginapan yang terdapat di Kabupaten Pemalang adalah sebagai berikut :
  1. Hotel Murni (Kecamatan Pemalang).
  2. Hotel Pemalang (Kecamatan Pemalang).
  3. Hotel Dirgahayu (Kecamatan Pemalang).
  4. Hotel Dewi Sri (Kecamatan Pemalang).
  5. Hotel Segoro (Kecamatan Pemalang).
  6. Hotel Moga Indah (Kecamatan  Moga).
  7. Hotel Atika (Kecamatan Moga).
  8. Hotel Benda Asri  (Kecamatan Moga).
  9. Hotel Mutiara ((Kecamatan  Randudongkal).
  10. Hotel Dina (Kecamatan Ulujami).
  11. PW Banowati (Kecamatan Pemalang).
  12. PW Nila (Kecamatan Pemalang).
  13. PW Saraswati (Kecamatan Pemalang).
  14. PW Family (Kecamatan Pemalang).
Fasilitas penunjang bagi pengembangan pariwisata lainnya adalah restoran, rumah makan,  toko-toko yng menyediakan makanan khas Pemalang dan cinderamata termasuk tenun, sarung,  pakaian jadi dan batik yang  banyak tersedia di Pemalang.
Obyek wisata yang paling banyak di kunjungi wisatawan domestik adalah Pantai Widuri, dengan jumlah  pengunjung dalam kurun waktu tahun 2003 hingga tahun 2008 mengalami peningkatan yang cukup signifikan, yaitu dari 75.990 wisatawan menjadi 220.640 orang wisatawan atau meningkat  hampir tiga kali lipat pada tahun 2008. Namun dibandingkan dengan jumlah penduduk Kabupaten Pemalang sebanyak 1.371.757 jiwa, maka jumlah wisatawan tersebut masih  termasuk kecil.
Jumlah pendapatan daerah dari pariwisata tahun 2003 – 2008 juga mengalami peningkatan. Pada tahun 2003 sebanyak Rp.222.695.000,00 menjadi Rp.460.247.400,00 pada tahun 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar