Senin, 14 November 2011

hasil dari desa di kabupaten pemalang


Kecamatan Pemalang
peta kecamatan pemalang

Kecamatan Pemalang merupakan ibukota Kabupaten Pemalang. Secara topografis Kecamatan Pemalang sebagian besar termasuk wilayah dataran rendah dan sebagian kecil lainnya termasuk dataran pantai. Kecamatan Pemalang secara administratif terbagi dalam 20 desa/kelurahan, meliputi :

1. Banjarmulya
2. Surajaya
3. Pagongsoran
4. Sungapan
5. Paduraksa
6. Kramat
7. Wanamulya
8. Mengori
9. Sewaka
10. Saradan
11. Bojongbata
12. Bojongnangka
13. Tambakrejo
14. Kebondalem
15. Mulyoharjo
16. Pelutan
17. Lawangrejo
18. Sugihwaras
19. Widuri
20. Danasari

Kecamatan Pemalang merupakan penghasil utama kacang hijau dan terung di Kabupaten Pemalang. Produk pertanian (dalam arti luas) lainnya lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya.



·  Kecamatan Taman
peta kecamatan taman

Secara topografis, wilayah Kecamatan Taman sebagian besar merupakan daerah dataran rendah, dan sebagian kecil lainnya termasuk daerah dataran pantai. Kecamatan Taman secara administratif terbagi dalam 21 desa/kelurahan, terdiri dari :

1. Penggarit
2. Pener
3. Gondang
4. Jrakah
5. Sokawangi
6. Kejambon
7. Jebed Selatan
8. Jebed Utara
9. Clbelok
10. Kaligelang
11. Banjardawa
12. Banjaran
13. Sitemu
14. Pedurungan
15. Taman
16. Wanarejan Selatan
17. Wanarejan Utara
18. Beji
19. Kabunan
20. Asemdoyong
21. Kedungbanjar

Kecamatan Taman merupakan penghasil utama buah jeruk dan kapas di Kabupaten Pemalang. Komoditas pertanian lainnya masih lebih kecil dibandingkan kecamatan lainnya. Peternakan yang paling berkembang adalah peternakan jenis unggas lainnya (mentok dan angsa). Peternakan lainnya masih kalah dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form
Kecamatan Petarukan
peta kecamatan petarukan

Secara topografis, wilayah Kecamatan Petarukan merupakan daerah dataran rendah. Kecamatan Petarukan secara administratif terbagi dalam 20 desa/kelurahan, meliputi :

1. Kendalsari
2. Widodaren
3. Karangasem
4. Petanjungan
5. Sirangkang
6. Iser
7. Serang
8. Petarukan
9. Kallrandu
10. Pesucen
11. Panjunan
12. Temuireng
13. Pegundan
14. Bulu
15. Tegalmlati
16. Loning
17. Nyamplung sari
18. Klareyan
19. Kendaldoyong
20. Kendalrejo

Kecamatan Petarukan merupakan penghasil utama tanaman pangan padi sawah, beberapa jenis sayur-sayuran seperti kacang panjang dan ketimun, serta penghasil buah pepaya. Di Kecamatan Petarukan, peternakan juga berkembang, terutama jenis itik dan burung puyuh.
Top of Form

Kecamatan Ampelgading
Peta Kecamatan Ampelgading

Secara topografis, wilayah Kecamatan Ampelgading berupa dataran rendah. Kecamatan Ampelgading secara administratif terbagi dalam 16 desa/kelurahan, meliputi :

1. Sokawati
2. Tegalsari Barat
3. Tegalsari Timur
4. Kemuning
5. Karangtalok
6. Wonogiri
7. Blimbing
8. Ampelgading
9. Ciblyuk
10. Karangtengah
11. Banglarangan
12. Losari
13. Ujunggede
14. Jatirejo
15. Kebagusan
16. Sidokare

Diantara kecamatan-kecamatan yang lain di Kabupaten Pemalang, produksi hasil-hasil pertanian (dalam arti luas) di Kecamatan Ampelgading tidak begitu menonjol. Komoditas yang cukup banyak hanya buah mangga (peringkat kedua setelah Kecamatan Ulujami).
Top of Form
Kecamatan Comal
peta-kecamatan-comal

Secara topografis, wilayah Kecamatan Comal merupakan daerah dataran rendah. Kecamatan Comal secara administratif terbagi dalam 18 desa/kelurahan meliputi :

1. Tumbal
2. Pecangakan
3. Sikayu
4. Purwosari
5. Purwoharjo
6. Kauman
7. Sidorejo
8. Lowa
9. Ambokulon
10. Gedeg
11. Gintung
12. Gandu
13. Sarwodadi
14. Susukan
15. Klegen
16. Wonokromo
17. Kebojongan
18. Kandang

Potensi yang dimiliki Kecamatan Comal pada sektor pertanian tergolong kecil, masih lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya. Kecamatan Comal hanya menjadi penghasil utama kedelai, sedangkan jenis tanaman lainnya selalu lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form
Kecamatan Ulujami
Peta Kecamatan Ulujami

Secara topografis, wilayah Kecamatan Ulujami merupakan daerah dataran pantai dan dataran rendah. Kecamatan Ulujami secara administratif terbagi dalam 18 desa/kelurahan, meliputi :

1. Sukorejo
2. Botekan
3. Rowosari
4. Ambowetan
5. Pagergunung
6. Wiyorowetan
7. Samong
8. Tasikrojo
9. Bumirejo
10. Kaliprau
11. Kertosari
12. Pamutih
13. Padek
14. Blendung
15. Ketapang
16. Limbangan
17. Mojo
18. Pesantren

Kecamatan Ulujami merupakan penghasil utama buah mangga dan kelapa sayur. Produk pertanian lainnnya masih lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya. Kecamatan Ulujami juga menghasilkan produk-produk perikanan budidaya air payau yang besar, antara lain ikan bandeng, udang, kepiting, ikan runcah dan rumput laut. Produksi ikan budidaya di kolam dan budidaya di sungai, serta perikanan rawa (perairan umum) juga paling tinggi di Kabupaten Pemalang.
Top of Form
Kecamatan Bantarbolang
Peta Kecamatan Bantarbolang

Secara topografis, wilayah Kecamatan Bantarbolang merupakan daerah dataran tinggi. Kecamatan Bantarbolang secara administratif terbagi dalam 17 desa/kelurahan, meliputi :

1. Sumurkidang
2. Wanarata
3. Pedagung
4. Suru
5. Banjarsari
6. Pegiringan
7. Karanganyar
8. Purana
9. Pabuaran
10. Sarwodadi
11. Bantarbolang
12. Sambeng
13. Glandang
14. kuta
15. Kebon Gede
16. Paguyangan
17. Lenggerong

Kecamatan Bantarbolang yang sebagian besar wilayahnya berupa hutan menjadi penghasil padi gogo terbesar di Kabupaten Pemalang, namun komoditas pertanian lainnya lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya. Kecamatan Bantarbolang juga merupakan penghasil terbesar buah rambutan. Usaha peternakan yang sangat berkembang hanya jenis ternak kelinci dan menjadi sentra peternakan kelinci terbesar di Kabupaten Pemalang.
Top of Form
Bottom of Form

Kecamatan Randudongkal
Peta Kecamatan Randudongkal

Secara topografis, wilayah Kecamatan Randudongkal merupakan daerah dataran tinggi. Kecamatan Randudongkal secara administratif terbagi dalam 18 desa/kelurahan, meliputi :

1. Kecepit
2. Gembyang
3. Mejagong
4. Penusupan
5. Banjaranyar
6. Randudongkal
7. Karangmoncol
8. Semingkir
9. Semaya
10. Tanahbaya
11. Lodaya
12. Rembul
13. Kreyo
14. Kalimas
15. Mangli
16. Kalitorong
17. Kejene
18. Gongseng

Kecamatan Randudongkal merupakan penghasil utama buah durian di Kabupaten Pemalang. Jenis komoditas pertanian lainnya (dalam arti luas) tidak begitu menonjol, masih lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form

Kecamatan Warungpring
peta kecamatan warungpring

Secara topografis, wilayah Kecamatan Warungpring merupakan daerah pengunungan. Kecamatan Warungpring secara administratif terbagi dalam 6 desa, meliputi :

1. Pakembaran
2. Warungpring
3. Karangdawa
4. Datar
5. Cibuyur
6. Mereng

Kecamatan Warungpring merupakan penghasil utama kacang tanah, duku dan mete di Kabupaten Pemalang. Namun demikian jenis komoditas pertanian lainnya (dalam arti luas) kurang menonjol, lebih kecil dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form
Kecamatan Moga

Secara topografis, wilayah Kecamatan Moga berupa daerah pegunungan. Kecamatan Moga secara administratif terbagi dalam 10 desa, meliputi :

1. Plakaran
2. Mandiraja
3. Walangsanga
4. Sima
5. Banyumudal
6. Moga
7. Wangkelang
8. Kebanggan
9. Pepedan
10. Gendowang

Kegiatan usaha pertanian dan perkebunan merupakan penghasil utama beberapa tanaman perkebunan di Kabupaten Pemalang, seperti cengkeh dan lada. Kecamatan Moga juga menjadi penghasil utama buah tomat, dan tanaman bahan pangan seperti ketela pohon dan ketela rambat. Sementara itu komoditas pertanian lainnya (dalam arti luas) masih lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form

Kecamatan Pulosari
peta kecamatan pulosari

Secara topografis, wilayah Kecamatan Pulosari merupakan daerah pengunungan. Kecamatan Pulosari secara administratif terbagi dalam 12 desa, meliputi :

1. Clekatakan
2. Batursari
3. Penakir
4. Gunungsari
5. Jurangmangu
6. Gambuhan
7. Karangsari
8. Nyalembeng
9. Pulosari
10. Pagenteran
11. Siremeng
12. Cikendung

Kecamatan Pulosari merupakan penghasil utama tanaman palawija dan sayur-sayuran, seperti jagung, kentang dan buncis. Kecamatan Pulosari juga menjadi penghasil utama beberapa tanaman perkebunan, seperti teh, casiavera, sereh wangi, kelapa hibrida, dan kopi arabika. Komoditas pertaniannya (dalam arti luas) masih lebih kecil dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form

Kecamatan Belik
peta kecamatan belik

Secara topografis, wilayah Kecamatan Belik berupa daerah pegunungan. Kecamatan Belik secara administratif terbagi dalam 12 desa, meliputi :

1. Gombong
2. Belik
3. Gunungtiga
4. Kuta
5. Badak
6. Gunungjaya
7. Simpur
8. Mendelem
9. Beluk
10. Bulakan
11. Sikasur
12. Kalisaleh

Kecamatan Belik memiliki potensi yang sangat menonjol pada sektor pertanian terutama buah-buahan, sayur-sayuran dan tanaman perkebunan. Kecamatan Belik menjadi penghasil utama buah di Kabupaten Pemalang, seperti nanas, alpukat, nangka dan jambu biji. Sayur-sayuran yang produksinya melimpah adalah sawi, cabe besar, dan kobis. Sementara itu tanaman perkebunan yang paling banyak adalah kopi robusta.
Top of Form

Kecamatan Bodeh
peta kecamatan bodeh

Secara topografis, wilayah Kecamatan Bodeh merupakan daerah dataran rendah. Kecamatan Bodeh secara administratif terbagi dalam 19 desa, meliputi :

1. Longkeyang
2. Jatingarang
3. Gunungbatu
4. Pasir
5. Kwasen
6. Jatiroyom
7. Parunggalih
8. Payung
9. Cangak
10. Kebandungan
11. Kesesirejo
12. Babakan
13. Karangbrai
14. Jraganan
15. Kebandaran
16. Boder
17. Mungang
18. Kelangdepok
19. Pendowo

Pertanian (dalam arti luas) di Kecamatan Bodeh tidak terlalu berkembang, jumlah produksinya masih lebih rendah dibandingkan kecamatan lainnya di Kabupaten Pemalang.
Top of Form
Bottom of Form
Kecamatan Watukumpul
peta kecamatan watukumpul

Secara topografis, wilayah Kecamatan Watukumpul merupakan daerah pengunungan. Kecamatan Watukumpul secara administratif terbagi dalam 15 desa/kelurahan, meliputi :

1. Tundangan
2. Tlagasana
3. Bongas
4. Cikadu
5. Cawet
6. Medayu
7. Pagelaran
8. Bodas
9. Jojogan
10. Majalangu
11. Tambi
12. Watukumpul
13. Gapura
14. Majakerta
15. Wisnu

Kecamatan Watukumpul merupakan penghasil utama buah pisang dan beberapa jenis tanaman perkebunan, seperti kapok randu, kelapa deres, gelagah arjuna, kakao, dan nilam. Jenis komoditas pertanian lainnya (dalam arti luas) masih kalah dibandingkan kecamatan lainnya.
Top of Form
Bottom of Form

2 komentar:

  1. Aku wong Kendalsari Sikuang. pengin gabung mas bro.

    BalasHapus
  2. sy asli comal, sedang mencari informasi ttg perkebunan penghasil biji kakao daerah pemalang,, ada yg tau? mohon infonya...trimakasih

    BalasHapus